Stempel | Sejarah dan Arti, Kegunaannya


stempelStempel | Sejarah dan Arti, Kegunaannya
Sejarah Mungkin bukan merupakan benda asing, karena kita bisa melihatnya atau bakan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada Jaman dahulu stempel digunakan sebagai penanda dari sebuah kerajaan, stempel dibubuhkan pada lembaran kertas atau surat berharga untuk menandai keabsahan dari sebuah dokumen tentang lahan kekuasaan, surat berisikan perintah maupun wewenang dari sang raja atau pejabat pemerintah dalam daerah kekuasaanya. bahkan ada  beberapa stempel dengan bentuk sebuah cincin, yang biasa dipakai seorang raja atau pejabat tertentu berbahan dasar emas atau logam mulia lainya.
Arti Stempel murah pada umumnya terbuat dari benda keras dengan ukiran tertentu, perlu kita ketahui stempel adalah bagian “negatif”, dan cap adalah bagian “positif”.permukaan ukiran harus terbalik mirror (istilah dalam dunia percetakan) agar hasil stempel sesuai dengan hasil yang diharapkan. Dalam penggunaan bahasa, stempel (stamp) bisa berarti stempel, cap atau perangko. perbedaan arti ini dikarenakan dari asal muasal bahasa. Dimana Stempel berasal dari Bahasa Belanda, Cap berasal dari bahasa India dan Perangko/Materai berasal dari bahasa eropa. 


Kegunaan, dalam dunia percetakan stempel termasuk dari jenis cetak timbul, dimana fungsi dari cetak merupakan menggandakan master/cetakan/plat ke media tertentu dengan jumlah tertentu dengan cara yang lebih efektif dan efisien.dalam perkembangannya bahan dari stempel menggunakan bahan berasal dari karet, sehingga dalam proses pengukiran atau pembuatan cetakan menjadi lebih mudah, seperti kita kenal beberapa tahun yang lalu, stempel terbuat dari bahan karet, kemudian diukir secara manual oleh ahli pembuat stempel dengan pisau, berikut ilustrasi dari pembuatan stempel dengan menggunakan alat ukir pisau

stempel ukir

Dalam perkembangan selanjutnya, menggunakan karet runaflex, karet berwarna kuning dengan sistem pencetakan plat/ukiran menggunakan sinar ultra violet, dimana desain berupa tinta gelap terang, positive/negative. dimana master cetakan yang berwarna gelap akan terlindungi dari ultra violet sehingga permukaan jadi timbul. dengan teknik ini gambar atau desain bisa menghasilkan stempel dengan hasil  mendekati sempurna, karena desain yang tereduksi cukup sedikit. berikut gambar dan bahan stempel runaflex,
Dalam perkembangan selanjutnya, Untuk menyempurnakan fungsi dan kegunaan stempel adalah stempel warna, dimana pada stempel runaflex menggunakan stampad terpisah, sehingga untuk melakukan proses pengecapan kita harus menempelkan permukaan plat pada stampad dan mencoba terlebih dahulu cap untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan. pada stempel warna, tinta terisi pada karet yang dapat menyerap tinta dalam jumlah tertentu. dalam proses pengecapan bisi minimal 1000x cap atau bahkan mungkin lebih, stempel ini cukup efektif, efisien dan bersih serta mempunyai bentuk yang modern.


Untuk memesan stempel ini anda dapat dengan mudah untuk menghubungi nomor dan email kami, dengan 12 pilihan warna yang bisa diaplikasikan pada logo anda, perusahaan atau instansi yang anda kelola.



Terimakasiih


Sakam Sukses